Beranda > Berita Musik Dunia > 10 Alasan Ilmiah Anda Harus Belajar Main Gitar

10 Alasan Ilmiah Anda Harus Belajar Main Gitar

Pernahkah Anda berpikir mengapa gitaris terlihat begitu santai dan bebas di panggung. Contohnya saja Keith Richards `Rolling Stone`. Ternyata, di balik itu semua ada alasan ilmiah yang membuat Anda harus pintar bermain gitar.

Gitar bisa meningkatkan kemampuan otak, kehidupan seks, dan masih banyak lagi.

1. Kesenangan seperti seks

Siapa yang butuh pasukan? Anda cukup mainkan gitar Anda dan mendengarkan musik Anda. Ini bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Menurut penelitian di ilmu syaraf di McGill University, mendengar musik memicu pelepasan dopamin di otak, bahan kimia yang sama yang dilepaskan ketika melakukan aktivitas seks. Itu seperti masturbasi musik.

2. Menjauhkan stres

Entah Anda sedang pusing karena bos atau tagihan, ambillah gitar Anda karena bisa melepaskan stres.

Sebuah penelitian dari Mind-Body Wellness Center dan Loma Linda University School of Medicine menemukan, stres bisa dikurangi dengan memainkan instrumen. Gerakan bisa membalikan sistem respons tubuh Anda terhadap tekanan.

3. Atasi nyeri

Jika Anda hidup dengan sakit kronis, raihlah gitar Anda. Menurut penelitian di University of Utah, mendengarkan musik baik itu dengan memainkan sendiri bisa mengalihkan pikiran Anda sehingga mengurangi nyeri.

4. Pertajam pikiran Anda

Sebuah penelitian Skotlandia yang terbaru mengatakan, musik lebih cenderung membuat fungsi otak lebih tajam, yang bisa membantu mencegah penurunan mental di masa depan. Bukalah buku lagu dan belajar memainkannya.

5. Menguatkan jantung Anda

Penelitian di Belanda menemukan, pasien yang bermain musik lebih dari 100 menit sehari menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah dan detak jantung dibanding yang tidak. Tiga orang yang melakukan tes ternyata adalah gitaris.

6. Memikat hati wanita

Jangan khawatir, Anda cukup bermain serius gitar Anda agar menarik perhatian wanita. Bahkan jika wanita itu tak Anda kenal. Penelitian dari Psychology of Music menemukan, wanita mengasosiasikan kemampuan musik dengan kecerdasan, komitmen, kerja keras, serta kecakapan fisik. Wanita juga mengasosiasikan semua kualitas tersebut dengan kemampuan pria untuk mendapatkan uang.

7. Berteman dengan wanita

Penelitian Israel mengirimkan permintaan pertemanan dari pria berwajah tampan kepada wanita lajang. Setengah permintaan merupakan pria yang memegang gitar.Sedangkan setengah lainnya, bukan gitaris.

Hanya lima dari 50 wanita yang menerima permintaan pertemanan dari orang yang kurang jago bergitar, sementara yang bergitar lebih menarik. Alasannya, kemampuan musik berkaitan kejantanan.

8. Menjadi kaya

Gitar Anda bisa membantu Anda memperoleh uang. Peneliti di Michigan State University menemukan bahwa musisi yang belajar instrumen pada usia dini dan berusaha memelihara keterampilannya sampai dewasa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses.

9. Membangun kekuatan otak

Menurut sebuah studi Cambridge University, musisi terus menjadi kreatif bahkan ketika mereka tak sedang bermain instrumen mereka.

Peneliti menemukan, pemain memvisualisasikan musik dalam bentuknya dan memprosesnya dalam praktik. Kebanyakan tak melihatnya seperti itu, tapi itu adalah cara belajar yang sangat kreatif.

10. Rekam diri, penghargaan ke diri

Sering kali pemain gitar akan merekam sesi bermainnya atau lagu demo. Dengan cara itu, mereka bisa bermain lagi dan mempraktikkannya.

Tapi, bawalah rekaman Anda ke gym dan Anda akan melihat manfaatnya buat fisik.

Para ilmuwan di Max Planck Institute for Cognitive and Brain Sciences menemukan, musik tak hanya membuat latar belakang yang berisik ketika berolahraga, tapi membuat olahraga jadi kurang melelahkan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: