Beranda > Berita Musik Dunia > Red Hot Chili Peppers Tampil ‘Minus One’, Flea Berikan Alasan

Red Hot Chili Peppers Tampil ‘Minus One’, Flea Berikan Alasan

Terkait reaksi keras terhadap foto Flea yang menenteng bass tanpa kabel tercolok saat tampil di Super Bowl seperti diunggah oleh Vulture pada Selasa (4/2) kemarin, pemain bas Red Hot Chilli Peppers itu mengakui bahwa ia memang tidak main secara live di acara tersebut, kecuali vokalis Anthony Kiedis.

Flea pun mempublikasikan surat terbuka berisi 931 kata via situs resmi bandnya yang mencoba menjelaskan sekaligus membela keputusan bandnya untuk bermain minus one saat mendampingi Bruno Mars menggeber nomor “Give It Away”.

Minus one merupakan istilah yang kerap digunakan dalam wilayah pertelevisian untuk sebuah penampilan musisi atau band dimana vokal dinyanyikan secara live namun instrumen musik lainnya seperti gitar, bass, drums telah direkam lebih dulu sebelumnya.

“Saat kami diminta NFL dan Bruno untuk memainkan lagu ‘Give It Away’ pada Super Bowl, jelas bagi kami bahwa vokal akan dilakukan secara live, namun bass, drum, dan gitar direkam lebih dulu,” tulisnya.

Flea kemudian memaparkan sebuah alasan, ”Saya memahami posisi NFL di sini, mengingat hanya memiliki beberapa menit untuk menyiapkan panggung, ada lebih dari triliunan hal yang dapat menjadi salah dan merusak taat suara bagi orang-orang yang menyaksikan dari dalam stadion dan televisi. Tak ada ruang untuk berargumen, NFL tak ingin mengambil risiko pertunjukannya gagal karena tata suara yang buruk.”

Ia juga menjelaskan bahwa biasanya bandnya tak akan melakukan segala jenis playback atau lip-sync dan mengutamakan performa live yang liar. Ia menulis, “Ini sebuah pengorbanan dari kami, dan bagi yang pernah melihat kami dalam konser (seperti pertunjukan sebelum Super Bowl di Barclays Center), tahu bahwa kami selalu bermain dengan hati kami, kami berimprovisasi secara spontan, mengambil risiko musikal, dan bercucuran darah di setiap pertunjukan.”

Keputusan itu pun disepakati setelah melalui penuh pertimbangan dan perundingan, termasuk karena mereka “semua menyukai football juga.”

“Untuk pertunjukan sebenarnya, Josh [Klinghoffer, gitar], Chad [Smith, drum], dan saya bermain bersama lagu yang direkam sebelumnya maka sebenarnya tak perlu lagi menyambungkan gitar kami, oleh karena itu kami tidak melakukannya,” tulisnya.

“Bisa saja kami menyambungkan instrumennya dan menghindari orang-orang mengeluarkan ekspresi kekecewaan karena bagian instrumennya telah direkam sebelumnya? Tentu bisa dengan mudahnya dan ini menjadi tak masalah. Namun kami pikir lebih baik tak berpura-pura. Ini tampaknya hal terjujur untuk dilakukan di situasi tersebut. Ini seperti membuat video musik di depan triliunan manusia, kecuali dengan vokal yang live, dan hanya satu kesempatan untuk melakukannya. Pikiran kami saat itu hanya untuk membawa semangat kami bagi para penonton,” imbuhnya.

Ia lalu menutup pernyataanya dengan ungkapan terimakasih atas kesempatan tampil yang diberikan oleh NFL dan Mars, dengan tanpa adanya penyesalan, “Saya akan melakukannya lagi dengan cara yang sama.”

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: